Selasa, 08 November 2011

Cara bongkar drum mesin cuci front loading

Halo, apa kabar semua ? lama nggak nongol kemana aja ya....he..he..he. Sebenarnya banyak yang mau saya share, tapi waktunya nih yang mepet hingga nggak sempat posting. Nah sore ini saya postingin buat temen2 yang mau bongkar - bongkar mesin cuci front loading. Nih, langsung ke TKP.....   :-)




Pertama - tama, buka dua skrup yang ada di belakang top table (tutup atas), posisinya di belakang pada tanda panah.
Setelah skrup terbuka, dorong top table ke arah belakang dan angkat ke atas, top table sudah terbuka.

Berikutnya adalah melepas panel kontrol.

Tarik laci detergent sampai lepas. Lepas box detergent dengan cara melepas skrup - skrupnya. Tekan klip penyangga kontrol panel (bulatan merah) sambil ditarik keluar. Maka lepaslah panel kontrol.




Lepaskan panel bawah dengan cara melepas skrup dekat drain pump, kemudian lepaskan klip pengikat dari bawah sambil menarik panel.











Lepas skrup - skrup pada lingkaran untuk melepas front plate.










Lepas pengikat gasket dan door switch.









Nah, seperti ini kalau sudah lepas.....









Lepaskan per penggantung drum dan juga beton pemberatnya.








Lepaskan pen pengikat shock breaker.
Drum siap dilepas.









Lepas baut pengikat outer tub di sekelilingnya. Lepaskan outer tub.









Buka pulley menggunakan kunci T.

Nah, setelah pulley lepas, akan tampak seperti gambar di samping. Bagian yang agak sulit dan harus extra hati - hati adalah melepas drum dari outernya. Biasanya lumayan sulit, apalagi kalau umurnya sudah tua.
Jangan terlalu bernafsu untuk membukanya, bisa - bisa bengkok asnya bisa berabe...he..he..he.
Jalan keluarnya adalah dengan mengangkat outernya (dipegangi pake tangan aja biar aman), trus bagian tengah as (biasanya berlubang karena tempat uliran bautnya) dimasukkan besi bulat, tetapi jangan sampai kena ulir bautnya ya... Setelah aman, pukul besi tersebut dengan tetap hati - hati. Kalau anda bersabar, drum akan terlepas dengan aman.

Nah, begini ini bentuk drum yang sudah terlepas.... tinggal nglanjutin aja kerjaan kita, mau ganti bearing atau as atau cuma mau dibersihkan drumnya.
Untuk pemasangannya tinggal membalik langkah - langkah di atas.

mmm......gampang ya ternyata.....he..he..he.....
Selamat bongkar - bongkar ya....mudah - mudahan sukses.....
Salam...

16 komentar:

gudang info mengatakan...

Makasih infonya..sangat bermanfaat buat saya yg awam dan jauh dari tukang service mesin cuci yg front loader. Btw, kalau saat mesin cuci sedang mencuci terdengar bunyi 'kletek-kletek' dan saat sedang 'spin' mesin cuci bergetar hebat diikuti bunyi 'kletek-kletek' yang kencang..apakah penyebabnya..? Kata orang, mungkin lahernya sdh longgar atau apanya. Bagaimana mengganti sparenya dan apakah ada tempat yang menjual spare part mesin cuci 'front loading' yang eceran..? karena kebanyakan yg jenis top loading..

Bayuaji mengatakan...

kalau mesin cuci masih baru dan keluhannya kalau spin bergetar hebat, biasanya baut pengunci tabung (4 buah) belum dilepas, ini bukan kerusakan, karena memang sebelum digunakan baut itu harus dilepas sama sekali agar suspensi dan peredam getarannya bekerja baik. Kalau sudah lama, mungkin juga laher (bearing)nya sudah rusak. Untuk spare partnya banyak tersedia di pasar untuk bearingnya ( sama dengan bearing spare part mobil atau motor), tinggal dicocokin saja besarnya. Cara bukanya sudah sy muat di atas, tinggal buka bearingnya yg belum, karena tinggal diketok dari dalam untuk bearing luar dan sebaliknya. Semoga membantu.

yogo mengatakan...

mas mau tanya kalo mau cari elektromotor/dinamo penggeraknya dimana untuk mesin cuci frontloading?? mohon infonya , trims.

2kang mengatakan...

mohon petunjuk cara melepas bearingnya bagaimana ?

Bayuaji mengatakan...

@Yogo : Coba cari di customer service terdekat.
@2 kang : kalau melepas bearing mudah saja mas. Bearing luar diketok dari dalam, yang dalam diketok dari luar. begitu saja mas terima kasih./*

torry akbar mengatakan...

mesin tipe ew 2408f, mau mbetulkan sirkulasi air, kok beda......klip pembuka nya dari dalam, klo ndk dari dalam casingnya pecah................terima kasih sudah membaca curhat saya

rbayu P mengatakan...

kalau sabun ga mau turun dan masih tertinggal di kotak detergen masalahnya apa ya? mesin cuci saya samsung front loading. mohon bantuannya trims..

Yohanes Gebby Cahyadi mengatakan...

Salam Kenal Pak Bayuaji
Apakah Heater di mesin cuci bisa dimatikan? Terima Kasih Banyak sebelumnya Pak. :)

Bayuaji mengatakan...

salam kenal mas yohanes.
Heater bisa dimatikan dengan cara mematikan setting temperaturnya, atau diposisikan ke cold

teguh kinarto mengatakan...

salam kenal mas bayu aji

Mas saya mau tanya
1. untuk membongkar mesin cuci front loading tipe wf 8650 caranya sama ta?
2. mesin cuciq bermasalah pada saluran air masuk, keluaranya sangat kecil ( pas baru beli lancar/besar ) sehingga pompa air jadi sering hidup mati. bagaimana solusinya mas... trimakasih atas bantuanya, salam super

fatullah RJT mengatakan...

salam kenal nih..klw mau cari komponen pd modul elektroniknya ada gak..di toko komponen elektro?

zupchemical mengatakan...

terimakasih atas pencerahan service mesin cuci lengkap dengan gambar ya TOP

IPENK mengatakan...

bro bayuaji.bgmn cara buka karet/seal pencegah kebocoran dalam tabung cz mw buka bearing yg didalem,untuk LG frontloading MD 8070,mw dcongkel ato diketok takut rusak karetnya.trims sebelumnya

freddie mengatakan...

Selamat siang Mas Bayu. Apakah bearing modena tipe wf 640 bisa diganti dengan bearing kendaraan. mohon petunjuk kodenya apa? hehehe. trima kasih atas pencerahannya.

Dicky Romy mengatakan...

Apa benar kerusakan As tabung elektrolux hrs ganti sekalian dgn tabungnya?

Bayuaji mengatakan...

Maaf bagi yang belum saya jawab, mohon diemail ke bayuaji.uw@gmail.com. terima kasih.

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes