Jumat, 09 September 2011

Cara Kerja Mesin Cuci Top Loading (Full Automatic)


Dinamakan mesin cuci top loading karena cara memasukkan cucian dari atas. Cara bekerjanya adalah dengan cara memutar cucian, air beserta detergen ke kanan dan ke kiri menggunakan baling – baling ( pulsator) yang terletak di dasar tabung, sementara dinding tabung tidak bergerak. Pada mesin cuci jenis  tertentu, dinding tabung juga bergerak berlawanan dengan putaran pulsator pada saat proses pencucian sehingga diharapkan menghasilkan proses pen-cucian yang lebih efektif. Pada saat pengeringan (sebenarnya pemerasan), pulsator dan tabung mengunci dan berputar bersama – sama dengan kecepatan putaran yang tinggi sehingga air terpisah dari cucian.
                Mesin cuci ini full automatic, artinya semua proses pencucian dilakukan sendiri oleh mesin cuci tanpa campur tangan kita, sehingga kita bisa melakukan pekerjaan lain. Hal ini dimungkinkan karena adanya modul control (pengendali) dan beberapa sensor, yaitu sensor ketinggian air, sensor pintu, inlet valve, drain valve, clutch dan motor. Nah, selanjutnya akan kita bahas sirkuit diagram spare part pendukung mesin cuci type ini.

Kalau kita lihat gambar di samping, terdapat elektronik controller yang berfungsi sebagai otak pengendali dari mesin cuci ini. Dihubungkan dengan safety sw yang berfungsi sebagai pengaman apabila pintu terbuka. Water level sensor berfungsi men-deteksi ketinggian air sesuai beban cucian. Motor traction (drain motor) berfungsi untuk membuka kran pem-buangan sekaligus me-mindah posisi clutch dari posisi mencuci ke pengering atau sebaliknya.  Inlet valve berfungsi untuk membuka dan menutup pemasukan air ke mesin cuci.
 Nah, dari sini sudah paham kan....? untuk lebih jelas lagi, ini saya muat gambar – gambar spare partnya.

Electronic controller.
Dari modul controller ini semua proses pencuci-an dikendalikan. Mulai dari perintah mendeteksi jumlah cucian, jumlah air yang diperlukan, lamanya proses mencuci, jumlah pembilasan, serta proses pengeringan (spin). Juga mendeteksi adanya kesalahan seperti pintu yang terbuka ataupun air yang tidak masuk atau keluar.


Inlet Valve
Inlet valve berfungsi sebagai keran yang mengatur masuknya air. Inlet valve adalah selenoid yang menggerakkan kelep untuk menyumbat atau melewatkan air yang masuk ke mesin cuci. Tegangan operasinya biasanya 110V atau 220V.











Drain Motor
Berfungsi untuk membuka keran pembuangan air sekaligus mengubah tuas clutch sehingga tabung pencucian mengunci dengan pulsator untuk proses pengeringan. Tegangan kerjanya 110V/220V.











Pressure switch
Berfungsi untuk mendeteksi ketinggian air melalui tekanan air yang masuk melalui pipa dan dikonversikan menjadi frekuensi dan dikirim modul controller. Tegangan kerjanya 12V












Clutch
Alat inilah yang membuat mesin cuci 1 tabung bisa berfungsi sebagi tabung pencuci atau pengering (spin).











Nah, sudah pada jelas kan...? untuk lebih mantepnya, diposting berikutnya akan saya tampilkan cara bongkar tabungnya....ok...?

6 komentar:

nugroho mengatakan...

makasi mas infonya membantu tugas akhir saya

Bayuaji mengatakan...

Sama - sama mas nugroho, senang bisa membantu

M Farid Zamaludin mengatakan...

Mohon solusinya, kemaren saya baru beli mesin cuci samsung top load new wa85w9, saat proses pencucian, air cucian tidak mau terbuang, setelah itu timbul angka digital keterangan 4E, satu lagi apabila selang masukan air tidak dipasang pengaruh tidak untuk proses pencucian, kalau memang berpengaruh apa itu penyebab automatik pembuangan air tidak berfungsi.

irham mengatakan...

Mas mau bertanya prinsip kerja mesin cuci twin tube, full load, dan top load itu bedanya di mana yah ??

Kalau boleh postingannya di lengkapi dengan twin tube dan full load juga biar lebih komplit dan detail tentang mesin cuci.

Mohon bantuannya ^ ^ muh.irham.setiawan@gmail.com

lilieg mengatakan...

Selamat Siang Oom...
Mohon bantuan pencerahan saya ada kasus Mesin Cuci 1 tabung Merk
Sharp, Modul saya ganti dengan yang Universal pada dasarnya bisa
beroperasi namun aneh nya bisa beroperasi setelah saya konsletkan
sekejap antara kabel yang paling pinggir Water Level dengan salah satu
kabel Switch Dor, klo tidak sy konsletkan yang hidup hanya Valve
inwater walo indikator berkedip tanda washing operasi
Demikian mohon pencerahan maturnuwun
Diharapkan pencerahan ditembuskan ke email saya
cakihin@gmail.com

Salam
Sholikhin

ahmad maulana mengatakan...

saya punya mesin cuci samsung model WA15GWG,Langkah awal saat saya meggunakan,ketika air mulai berhenti mengisi tabung tersebut biasanya setelah itu mesin berputar dan memulai proses pencucian,tpi kali ini saya coba,saat air selesai mengisi indikator mati total dan tabung tak mau berputar,saya ulang langkah tersebut dari awal dan hasilnya sama indikator mati kembali saat akan mulai berputar,mohon bantu atas masalah yg saya hadapi dan terima kasih jawabannya.

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes